Apa itu Domain, Jenis dan Kegunaannya - Blog Akbar

Widget HTML Atas

Apa itu Domain, Jenis dan Kegunaannya

Apa itu Domain, Jenis dan Kegunaannya - Memiliki karir sebagai blogger pastinya kita akan berada dalam fase untuk menggunakan url yang lebih relavan dan friendly. Blogger pemula yang awalnya menggunakan subdomain gratis seperti .blogspot atau .wordpress akan menjadi lebih termotivasi untuk melanjutkan karirnya jika kita memiliki url blog yang lebih mudah diingat, relavan, dan keren.

Sumber : isitwp.com
Pengertian Domain
Alamat asli sebuah situs sebenarnya adalah berbentuk IP address, tetapi dengan adanya domain kalian hanya perlu menuliskan sebuah alamat website pada mesin pencarian. Domain merupakan alamat dari sebuah website yang dapat diakses oleh client melalui mesin pencarian di google seperti contohnya adalah www.blogakbar.com ini.

Memakai ekstensi domain tld seperti .com pastinya merupakan hal yang baik, salah satunya url blog menjadi lebih pendek.

Domain pada era digital seperti ini memikili peran yang sudah sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis Domain
Sampai saat ini ada sekitar 500 lebih ekstensi domain yang tersedia untuk publik ataupun khusus. Domain yang paling terkenal yaitu domain yang memiliki ekstensi .com. Sekarang sudah banyak domain yang bisa kamu gunakan. Seperti .net, .org, .id dan ekstensi domain lainnya.

1. Top Level Domain (TLD)
Top Level Domainadalah tipe domain tertinggi dalam struktur DNS di internet. Tipe ini juga merupakan tipe yang paling sering digunakan perusahaan ataupun perorangan.

a. Country Code Top Level Domains (CCTLD)
CCTLD yaitu domain yang berdasarkan penamaan geografis suatu negara seperti .id untuk Indonesia, .us untuk United States dan .au untuk Australia.

Domain CCTLD dapat didaftarkan oleh siapapun meskipun bukan warga negara yang bersangkutan. Misalnya jika kamu tinggal di Indonesia, tetapi kamu bisa membuat domain website dengan ekstensi .au yang merupakan CCTLD untuk Australia.

b. Generic Top Level Domain (GTLD)
GDTL merupakan domain umum yang dapat digunakan oleh siapapun. GDTL cocok untuk kamu yang membutuhkan domain ekstensi populer seperti .com atau .org . Selain itu kamu juga tidak akan direpotkan dengan berbagai persyaratan.

c. Premium Top Level Domain (PTLD)
PTLD merupakan domain yang penamaannya dapat di custom. Misalnya .site , .web , .travel , .host , .doctor atau ekstensi lainnya.

PTLD lebih menjelaskan spesifikasi sebuah website. Seperti penggunaan domain .travel pada website yang membahas tentang travel atau website yang memberikan layanan produk atau jasa travel. Begitupun dengan ekstensi custom lainnya.

2. Second Level Domain
Second level domain yaitu nama domain yang kamu daftarkan. Bisa digunakan sebagai nama atau perusahaan atau komunitas kalian.

3. Third Level Domain
Third Level Domain juga dikenal dengan sebutan sub domain. Sub domain digunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya membuat sub informasi yang terlepas dari domain utama tetapi masih berkaitan dan digunakan untuk kepentingan internal bisnis di perusahaan.

Ekstensi-Ekstensi Domain
1. .Com
Ekstensi domain .com tak perlu diragukan lagi merupakan top-level domain tertinggi. Awalnya ekstensi ini digunakan untuk keperluan bisnis mengambil dari kata “commercial”. Namun, sekarang penggunaanya sudah meluas ke banyak jenis website lain.

2. .Info
Digunakan untuk media yang berkenaan dengan informasi.

3. .Biz
Sama dengan .com, .biz juga bisa digunakan untuk keperluan website bisnis. Tapi perbedaannya adalah jika .com lebih menitikberatkan pada perdagangan, .biz ditunjukkan untuk sektor bisnisnya.

4. .Name
Jika kamu mempunyai situs pribadi dan ingin terlihat lebih profesional, gunakan lah ekstensi ini. Alasannya adalah karena .name memang diperuntukkan untuk situs personal dan lebih pada kegiatan non-organisasi.

5. .Tv
Tidak perlu ditanyakan lagi, ekstensi ini untuk website dengan media video didalamnya

Ada juga ekstensi yang berkatian dengan lembaga dan organisasi

1. .Org
Dari ekstensi nya saja kita sudah bisa menebak untuk apa jenis domain ini. Organisasi. Domain ini merupakan ekstensi saingan dari .com.

2. .Edu
Ekstensi .edu wajib digunakan oleh lembaga pendidikan atau pun yang berkaitan dengannya. Beberapa website penyedia jurnal perguruan tinggi juga menggunakan ekstensi domain berakhiran .edu. Hal ini dilakukan agar situs terlihat kredibel dan tentunya terpercaya sebagai website pendidikan.

3. .Sch
Jika ekstensi sebelumnya diperuntukkan untuk pendidikan secara general, maka .sch terkhusus untuk sekolah dari jenjang dasar sampai menengah. Di Indonesia, penggunaan ekstensi ini dibarengi dengan akhiran .id sehingga menjadi .sch.id. Untuk mendapatkan domain .sch.id kamu memerlukan KTP dan surat permohonan dari kepala sekolah.

4. .Ac
Sch digunakan dari dasar sampai menengah. Lalu bagaimana dengan jenjang tinggi seperti universitas, politeknik, sekolah tinggi, dan sebagainya? Lembaga pendidikan ini menggunakan ekstensi .ac. Untuk mendapatkan domain .ac diikuti .id maka diperlukan KTP, SK Depdiknas, dan SK Pengangkatan Rektor.

5. .Gov
Gov ditujukan untuk lembaga pemerintahan, mengambil dari kata “government”.

6. .Co
Terakhir, mengambil dari kata “company”, co juga diperuntukkan untuk kongsi dagang. Seiring berjalannya waktu, ekstensi ini tak hanya digunakan untuk persekutuan perdagangan saja. Kamu dapat menjumpai banyak contohnya di website lain seperti nama produk yang ingin memiliki identitas Indonesia.

Itulah kesimpulan dari Apa itu Domain, Jenis dan Kegunaannya. Semoga bermanfaat, dan cepet upgrade domain kamu sekarang!

2 comments for "Apa itu Domain, Jenis dan Kegunaannya"

Post a Comment

Berlangganan via Email