Perlukah HP 5G? Siapkah Indonesia Menggandrungi Sinyal 5G? - Blog Akbar

Widget HTML Atas

Perlukah HP 5G? Siapkah Indonesia Menggandrungi Sinyal 5G?

Siapasih yang ngga mau internet ngebut!

Banyak orang yang ingin memiliki kecepatan internet yang diatas rata-rata alias ngebut banget! Bahkan tak sedikit orang yang masih kesal dengan kecepatan rata-rata 4G padahal itu hanya dibawah satu generasi dengan 5G.

Ngomongin masalah teknologi 5G tak heran banyak brand brand handphone yang berkompetisi untuk memproduksi smartphone yang dilengkapi dengan teknologi 5G ini. Yak, inilah jawaban untuk kalian para kaum internet / netizen yang suka ngomel masalah lelet koneksi.

Seperti yang kita ketahui 5G adalah standar dari telekomunikasi seluler setelah 4G yang pastinya akan memberikan kecepatan lebih daripada 4G.

Teknologi 5G ini memberikan fasilitas lebih dalam menggunakan dan menikmati smartphone. Mengambil kutipan dari Kompas, ternyata jaringan 5G dilengkapi dengan gelombang milimeter.

Gelombang milimeter ini menggunakan frekuensi yang mencapai 300 gigahertz dengan minimal 30 gigahertz yang berarti 10-100 kali lebih tinggi daripada gelombang radio yang digunakan oleh 4G dan WiFi

Palapa Ring sudah Jadi! Apakah Indonesia Siap Menggandrungi Teknologi 5G?
Sumber: www.majalahict.com
Palapa Ring yang disebut juga sebagai 'tol langit' ini diekspetasi bisa meningkatkan kualitas standar internet di Indonesia hingga kedalam pelosok negeri. Dan kini, mega proyek serat optik tersebut telah selesai dan akan membentangi dari barat hingga timur Indonesia.

Tersedianya mega proyek yang terbilang mewah diharapkan bisa memudahkan teknologi 5G ini.

Selagi mempersiapkan teknologi 5G, pemerintah mengatakan akan menuntaskan pembangunan 4.000 BTS sekaligus pada tahun 2020 ini. Dibandingkan tahun 2019 kemarin sudah ada kurang lebih 500 BTS telah selesai dikerjakan.

BTS (Base Transceiver Station bukan Bangtan Boys) singkatnya adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara pengguna dan operator. 

Kelebihan dan Kekurangan jaringan 5G ini
Kelebihan teknologi 5G:
  • Kecepatan data yang lebih tinggi menggunakan gelombang milimeter yang dapat diserap bangunan dan dedaunan.
  • Kecepatan yang mencapai 800Gb per detik. Bisa dipastikan dengan kecepatan internet seperti ini kalian bisa mendownload sekitar 35 film dengan kualitas Full HD dalam hitungan detik saja.
  • Men-transfer data antar telepon dengan kecepatan satu mili per detik.
  • Dengan kecepatan 800Gb perdetik dapat dipastikan bisa terkoneksi sangat lancar dengan alat lainnya, seperti mobil, peralatan rumah tangga, telepon, dan sebagainya.

Kekurangan teknologi 5G:
Teknologi 5G membutuhkan energi yang lebih tinggi karena menggunakan gelombang milimeter.

Gelombang milimeter diyakini dapat membahayakan kesehatan kita kerusakan termal jika terjadi pemanasan yang berlebih. Tetapi paparan radiasi ini hanya terjadi bagi pekerja yang didekat pemancar frekuensi radio yang berdaya tinggi.

Teknologi 5G membutuhkan lebih banyak BTS karena menggunakan gelombang milimeter. Hal ini jelas sangat berbeda dengan teknologi 4G yang menggunakan gelombang radio.

Lalu setelah semua penjelasan tadi, apakah kita memerlukan smartphone yang memiliki teknologi 5G di Indonesia ini?

Walaupun Telkomsel sudah sedikit demi sedikit membuat jaringan 5G di Indonesia milik mereka. Mungkin kita baru bisa menggunakan teknologi 5G pada tahun 2021. Ini dikarenakan belum semua provider di Indonesia memiliki teknologi 5G. Dan juga ketersediaan teknologi 5G di wilayah Indonesia masih sedikit.

Memang sudah lumayan banyak jumlah gadget-gadget atau smartphone yang memiliki teknologi 5G tersedia di Indonesia meski begitu tetap saja kita belum bisa menikmati teknologi ini.

Yah, jika kalian memang tetap ingin memiliki smartphone dengan fitur yang terbaru silahkan saja, semua tetap bergantung pada pilihan kalian masing masing. Ciaelahhh!! Dah ya, belum tidur saya ini, cape. Demikian Apakah HP 5G Di Indonesia Diperlukan? Sudah Siapkah Indonesia Menggandrungi Sinyal 5G? Semoga bermanfaat.

8 comments for "Perlukah HP 5G? Siapkah Indonesia Menggandrungi Sinyal 5G?"

  1. Udah siap? Tentu belum kyknya, contohnya aja 4g, Jakarta udah dari tahun berapa, baru sampe ke tempat saya tahun berapa 😂 bukan berarti berkecil hati, emang dari segi infrastruktur indonesia kurang. Lebih-lebih 5g dapat membahayakan kesehatan, mungkin tahun-tahun berikutnya 5g dengan kecepatan yang lebih cepet tanpa adanya efek pada kesehatan. Tau sendiri makin hari makin canggih ini bumi. 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkembangan teknologi emang serem bro, nggak bakal ada ujungnya, terus prosesnya cepet banget pula

      Delete
  2. Sy belum yakin apakah inprastruktur kita sdh memadai apa belum untuk menunjang penggunaan 5G.

    Tp bisa sy bayangkan kalau 5G sdh bisa dinikmati kecepatan dlm berselancar bisa kecepat kilat.

    Dan saat ini menurut sy smartphone 5G belum dibutuhkan di Indonesia. Kalaupun ada di antara telah memilikinya itu adalah kesia-siaan belaka krn tdk dapat dimanfaatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bro, perkembangan teknologi di Indonesia memang masih harus dipertanyakan

      Delete
  3. Saya rasa belum saatnya, soalnya dari perataan jangkauan layanan aja ada beberapa wilayah yg masih kesulitan, mungkin terlalu memaksa jika tahun depan sudah diterapkan apalagi mempunyai efek ke kesehatan bisa jadi akan di kaji ulang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, yang namanya teknologi siapa yang tau mas, tapi bila dibandingin sih teknologi di Indonesia masih kalah jauh sama negara negara luar

      Delete
  4. Kemungkinan besar bakal ditunda gara2 wabah SARS-Cov2 ini walaupun vendor HP udah banyak yang ngeluarin HP 5G-Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas memang gara-gara ini COVID-19 semua perkerjaan prosesnya akan lebih lambat sih

      Delete

Post a Comment

Berlangganan via Email