7 Tips Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Produktif di Tengah Pandemi Corona - Blog Akbar

Widget HTML Atas

7 Tips Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Produktif di Tengah Pandemi Corona

Butuh waktu yang tidak sedikit bagi kita untuk menangani kasus virus corona di tengah-tengah penyebarannya. Seiring dengan berjalannya waktu, kini virus mematikan ini telah menelan jutaan korban yang tersebar di berbagai wilayah. Maka dari itu sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui cara menghindari virus corona agar tidak menjadi salah satu di antara korban tersebut.

sumber: wikipedia.com
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga diri agar tidak terinfeksi oleh virus ini. Salah satu yang terpenting adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Mengapa demikian?

Imun diyakini sangat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh akan potensi untuk menangkal virus corona. Para ahli medis mengatakan jika seseorang memiliki imunitas tubuh yang baik maka potensi tertularnya virus corona sangat minim. Bahkan kesembuhan para pasien corona pun sebagian besar juga diakibatkan karena meningkatnya imunitas tubuh.
Dengan fakta diatas ditetapkan bahwa imun untuk daya tahan tubuh itu sangat penting, dengan begitu ayo kita ikuti beberapa cara meningkatkan imun tubuh yang dapat kita lakukan agar terbebas dari virus corona.

1. Istirahat yang cukup
Menjaga pola tidur sangat diperlukan untuk mengendalikan sistem imun tubuh. Idealnya, seseorang membutuhkan waktu istirahat tidak kurang dari 7 jam setiap harinya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga reproduksi sitokin di dalam tubuh. Umumnya, tubuh membutuhkan sitokin dalam jumlah yang banyak agar imun tubuh dapat terkontrol dengan baik.

Adapun menjaga pola tidur juga mempengaruhi reproduksi sel T. Suatu jenis sel yang berhubungan dengan kekebalan tubuh. Sel T dapat berperan penting dalam meningkatkan imun untuk melawan resiko virus.

2. Rutin berolahraga
Aktifitas fisik sangat mempengaruhi kinerja sel darah putih, di mana sel yang satu ini sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh. Setidaknya seseorang membutuhkan waktu 75 menit berolahraga pada setiap minggunya.

Ketika melakukan olahraga, sirkulasi pada sel darah putih akan terjadi lebih cepat. Alhasil sel akan lebih dini dalam mendeteksi suatu virus atau gangguan kesehatan tertentu. Ditambah dengan berolahraga juga dapat membantu mengeluarkan virus dan bakteri dari saluran pernapasan.

3. Menjaga keseimbangan gizi
Tubuh sangat sensitif terhadap asupan gizi setiap waktu. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, maka dapat meningkatkan respon imun terhadap gejala-gejala tertentu. Selain itu, keseimbangan gizi di dalam tubuh juga sangat penting untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh.

Ada beberapa bahan makanan yang dapat menyumbangkan asupan lebih dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imun, yaitu aneka sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, ragam buah-buahan, bawang putih, kunyit, serta makanan yang dihasilkan dari laut.

4. Mengurangi rokok
Rokok menyumbangkan banyak faktor terhadap gangguan kortisol, salah satu hormon yang berhubungan dengan stress. Nikotin yang dikandungnya memicu terjadinya peningkatan terhadap kadar kortisol, sehingga akan menyebabkan pembentukan antibodi sel B dan antigen sel T mengalami penurunan.

5. Tidak meminum alkohol
Alkohol memang dikenal dapat membunuh virus, namun tidak berlaku di dalam tubuh. Bahkan kelebihan meminum alkohol dapat memicu turunnya daya tahan tubuh. Sehingga sangat berbahaya bagi keberlangsungan imun.

6. Kontrol tingkat emosional
Pada hakikatnya, sres yang berlebihan dapat mendorong reproduksi hormon kortisol meningkat. Dengan meningkatnya produksi ini, imun tubuh akan sangat beresiko. Sebab kortisol sangat mempengaruhi penurunan daya tahan tubuh.

7. Konsumsi obat peningkat imun
Sampai saat ini telah banyak ditemukan berbagai macam obat dan suplemen yang dapat difungsikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Obat-obatan ini bisa berbentuk variasi dan memiliki banyak macam. Namun, penggunaannya tetap harus sesuai dengan himbauan dokter.

Mengingat imun atau daya tahan tubuh sangat berpengaruh terhadap infeksi virus seperti corona, maka 7 tips cara meningkatkan sistem imun di atas harus dipraktikkan secara perlahan di rumah. Terlebih bagi Anda yang telah berusia lanjut, kondisi tubuh sangat rentan terhadap ancaman berbagai penyakit dan virus, sehingga meningkatkan imun tubuh menjadi sesuatu yang wajib dilakukan.

4 comments for "7 Tips Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Produktif di Tengah Pandemi Corona"

  1. Hmmn, baru baru ini yang saya baca nikotin dapat mencegah terkenanya covid gan, ntah benar atau salah. Emang sih merokok dapat merusak kesehatan terutama paru-paru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, siapa tau gan, tapi pada dasarnya aja ngerokok itu ngerusak kesehatan

      Delete
  2. Kalo disini ramenya pada minum temulawak, jahe, kunyit gan wkwkwk😂 nice info lah😀

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email