Amalan-Amalan yang Sangat Dianjurkan saat Puasa di Bulan Ramadan - Blog Akbar

Widget HTML Atas

Amalan-Amalan yang Sangat Dianjurkan saat Puasa di Bulan Ramadan

Ibadah puasa di bulan suci Ramadan adalah wajib hukumnya bagi setiap umat Islam yang sudah baligh. Hal tersebut telah jelas diterangkan dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” Oleh karenanya seorang Muslim yang sedang tidak dapat melaksanakan ibadah puasa karena alasan tertentu seperti halnya sakit, maka ia wajib untuk menggantinya di kemudian hari. Atau jika seorang Muslim itu sudah sangat rentan usianya, maka ia bisa mengganti puasanya dengan membayar fidyah.

Mengingat bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan, sudah selayaknya umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan dan meningkatkan keimanannya.

Bulan Ramadan sendiri terbagi ke dalam tiga fase yang masing-masing memiliki keutamaan dan keistimewaan. Ketiga fase tersebut adalah sepuluh hari pertama, sepuluh hari kedua, dan yang terakhir sepuluh hari ketiga.

Pada sepuluh hari pertama, umat Islam akan mendapatkan limpahan rahmat di dalamnya. Selanjutnya di sepuluh hari kedua, Allah akan memberikan ampunan pada hambanya. Kemudian sisa sepuluh hari ketiga itu datang, maka hamba Allah tersebut akan mendapatkan pembebasan dari api neraka. Wallohua'lam bisshowab.

Setelah kita mengetahui fase-fase dalam bulan Ramadan tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita melakukan amalan-amalan selain berpuasa. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan limpahan pahala dari Allah dan juga meningkatkan keimanan yang ada dalam diri kita.
Berikut amalan-amalan yang dapat dilakukan saat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan:

Tadarus atau membaca Alquran
Membaca kitab suci Alquran memiliki banyak sekali kemuliaan yang terkandung di dalamnya. Bahkan membaca satu hurufnya pun akan Allah berikan sepuluh kebaikan kepada yang membacanya. Hal ini menunjukkan betapa pahala yang Allah berikan itu selalu mengandung kebaikan bagi umat-Nya.

Salat malam
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa waktu sepertiga malam adalah waktu yang paling baik untuk kita mendekatkan diri kepada Allah. Melakukan salat sunah di waktu sepertiga malam akan membuat kita khusyuk dalam meminta dan berdoa kepada Allah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kaum Muslim untuk melaksanakannya, baik saat di bulan Ramadan, atau di bulan-bulan biasa yang lainnya.

Berbagi makanan
Amalan ini juga sangat mungkin untuk dilakukan. Kita bisa memberikan takjil buka puasa. Bahkan dalam suatu hadis pun dinyatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi).

Memperbanyak sedekah
Selain ketiga amalan di atas, bersedekah juga merupakan amalan yang begitu dianjurkan. Tidak hanya pada bulan Ramadan, setiap saat pun kita harus bisa bersedekah. Hal itu merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap limpahan nikmat yang yang telah diberikan oleh Allah. Selain itu, ketika kita bersedekah maka harta yang kita miliki tidak akan berkurang sedikit pun, melainkan Allah akan melipatgandakan nikmat yang akan diberikan kepada kita atau menggantinya dengan yang lebih banyak.

Memperbanyak ibadah sunnah
Selain melakukan salat sunah di sepertiga malam, kita juga dianjurkan untuk melakukan ibadah sunnah lainnya seperti salah dhuha, salat sunnah rawatib, salat tarawih, salat witir, dan amalan sunnah lainnya. Hal ini juga bisa mendekatkan hubungan kita dengan Allah sehingga dapat meningkatkan keimanan yang kita miliki.

Salat berjamaah
Salat berjamaah ini memiliki keistimewaan yang luar biasa. Bahkan Allah memberikan 27 derajat bagi mereka yang melaksanakan salat secara berjamaah, sedangkan untuk salat munfarid hanya diberikan 1 derajat pahala. Hal ini membuktikan bahwa umat Muslim sangat dianjurkan untuk salat berjamaah.

Banyak berdzikir
Dzikir atau mengingat Allah dapat dilakukan kapan pun dan di manapun asalkan tempat tersebut suci. Hal ini bertujuan agar kita selalu ingat kepada Allah, sehingga akan lebih terasa dekat dengan Allah, Tuhan Semesta Alam.

Setelah melihat beberapa amalan yang dapat dilakukan saat berpuasa di bulan Ramadan, kita dapat menyimpulkan bahwa sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan pahala dari Allah. Selain pahala yang didapatkan, kita juga berkesempatan untuk meningkatkan keimanan yang kita miliki sehingga hidup kita akan dikaruniai keberkahan oleh Allah SWT.

Selagi kita masih bisa dan memiliki kesempatan untuk beribadah, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya kesempatan tersebut. Hal ini tidak lain adalah untuk bekal kita di akhirat nanti. Selain melakukan kebajikan-kebajikan yang telah dianjurkan, kita sepatutnya menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah agar kita tergolong orang yang bertakwa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan keimanan yang kita miliki pun kian bertambah.

No comments for "Amalan-Amalan yang Sangat Dianjurkan saat Puasa di Bulan Ramadan"

Berlangganan via Email