Tokopedia diHack! 15 Juta User Data Bocor Di Internet - Blog Akbar

Widget HTML Atas

Tokopedia diHack! 15 Juta User Data Bocor Di Internet

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Sumber : tokopedia.com
Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.

Sebuah informasi mengejutkan muncul diinternet dimana salah satu postingan di Twitter mengatakan bahwa ada lebih 15 juta pengguna dari Tokopedia sudah berhasil bocor atau dijebol. Adapun Database yang didapatkan berupa data dan entry yang sangat penting seperti nama, emails, password hashes dan lainnya.
Tokopedia merupakan salah satu E-Commerce berkonsep marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah puluhan juta pengguna yang ada saat ini. Dengan adanya kejadian ini tentunya membuat kita khawatir akan keamanan data pengguna yang sudah bergabung untuk mendaftar terutama yang sudah bertransaksi di Tokopedia.

Mengapa hal ini menjadi ancaman karena sang hacker telah berhasil membobol seluruh database termasuk Password hashes yang artinya juga data kita secara lengkap sudah bisa dikantongi oleh para hacker dan keamanan data kita juga terancam. Data-data yang bocor tersebut merupakan data yang SANGAT SENSITIF. Nomor telepon bisa digunakan untuk membajak Kode OTP SMS. Tanggal lahir bisa digunakan untuk menembus pertanyaan keamanan. Jadi bagi kamu yang sudah pernah mendaftar di tokopedia dan menggunakan password yang sama di aplikasi lain seperti e-mail, FB, dll, dengan yang tersimpan di Tokopedia, harap untuk MENGGANTI PASSWORD SEKARANG.
Adapun saran yang bisa saya berikan adalah sebagai berikut :
  1. Segera Mengganti password dengan generate password dan simpan menggunakan password manager.
  2. Aktifkan layanan Verifikasi 2 Langkah untuk login aplikasi dan website apapun untuk melindung orang lain yang mengakses akun Anda dengan diam-diam.
  3. Cek keamanan akun anda lainnya menggunakan https://haveibeenpwned.com apakah data Anda bocor atau tidak
  4. Setidaknya mempunyai DUA akun email yg berbeda yaitu akun personal dan akun buat register pada website/ Aplikasi.

Bagi Anda pengguna kartu kredit dan bertransaksi menggunakan tokopedia juga diharapkan untuk segera melakukan antisipasi keamanan baik itu mengganti pasword, mencabut akses otomatis pembayaran di tokopedia dan lainnya, karena bisa saja Akun Kartu Kredit atau Credit Card Anda bisa masuk pada database yang menyebabkan orang tersebut mendapatkan kunci akses untuk menggunakan kartu kredit Anda.

Kebocoran data ini merupakan masalah yang sangat serius, kita tidak ingin data-data penting terkait akun Anda disalahgunakan oleh orang lain dan semoga Tokopedia segera melakukan antisipasi dengan sangat cepat untuk mengatasi masalah ini. Yuk komentar di bawah mengenai pendapat Anda tentang kejadian ini!

4 comments for "Tokopedia diHack! 15 Juta User Data Bocor Di Internet"

  1. wah setara Tokopedia saja bisa ter hack, kudu lebih berhati hati lagi ini. makasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sekarang ngga bisa sembarangan ngasih informasi kemana aja

      Delete
  2. karena oreki dan hachiman adalah char gue banget

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email